CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 29 Agustus 2016

Sedekah Ginjal

Oke, judul di atas tidak semerta-merta bermakna secara harfiah dalam kisah yang akan kuposting ulang di bawah ini. Namun dalam kisah ini kita bisa banyak belajar memaknai besarnya manfaat sedekah dan tulusnya sebuah pemberian. Silakan disimak.

~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~

Seorang ibu usia lanjut yang kaya raya akan melakukan transplantasi/cangkok ginjal untuk kelanjutan hidupnya. Setelah melalui proses seleksi yang ketat, ternyata satu di antara calon donor yang memenuhi syarat adalah seorang ibu muda yang miskin.

Saat tiba waktunya, kedua ibu ini harus bermalam di RS untuk  mempersiapkan operasi cangkok ginjal. Di pagi hari yang telah ditentukan sebelum masuk ke ruang operasi, ibu kaya ingin bertemu ibu miskin yang bersedia menjadi pendonor ginjal. Namun di depan kamar, ibu kaya mendengar ibu pendonor ginjal sedang menangis. Setelah diketuk berkali-kali, pada akhirnya pintu pun dibuka.

Ibu kaya kemudian memperkenalkan diri. Lalu dia bertanya, "Apa yang menyebabkan ibu menangis?"

"Saya terpaksa menjadi pendonor ginjal karena saya sangat membutuhkan uang. Suami saya telah meninggal. Saya harus memelihara tiga anak saya yang masih perlu biaya untuk sekolah. Saya sebenarnya tidak ingin melakukan hal ini seandainya saya punya uang," ujar ibu pendonor ginjal dengan penuh harap.

Mendengar penuturannya, ibu kaya merasa terharu. Sejenak kemudian dia berkata, "Saya sudah tua, sudah begitu banyak nikmat yang telah Allah berikan kepada saya. Saya pikir saya tidak perlu lagi ginjal. Kalau Allah menghendaki biarlah saya meninggal dengan penyakit ini. Ambillah uang itu sebagai sedekah dari saya. Untuk membiayai hidupmu dan biaya sekolah anak-anakmu. Saya ikhlas dengan penyakit ini."

Operasi akhirnya dibatalkan. Kedua ibu itu masing-masing kembali ke rumahnya.

Setelah beberapa lama, ibu kaya itu tidak lagi mengalami masalah dengan fungsi ginjalnya. Dia kembali melakukan cek ke RS dan ternyata dokter terkejut, karena ginjalnya kini berfungsi dengan baik.

~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~

 Secara medis hal seperti kisah di atas tidak mungkin terjadi. Namun bagi orang yang beriman, tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah Yang Maha Kuasa lagi Maha Berkehendak.

Para pakar kesehatan mengatakan kesembuhan seperti ini disebut dengan "Quantum Healing". Proses yang terjadi tidak bisa dijelaskan oleh ilmu kedokteran. Saat ini, para ahli hanya bisa menjelaskan ada mekanisme psikoneuroendokrinimunologi, yakni mekanisme yang bermula dari kalbu / iman atau pikiran yang nantinya memengaruhi sistem persyarafan dan seterusnya memengaruhi fungsi hormonal dan sistem kekebalan tubuh dalam mencegah atau menyembuhkan suatu penyakit.

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ

"Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku." [QS. Asy-Syu'ara' (26): 80]

Sejatinya seorang muslim yang beriman kepada Allah, hanya mengharap kepada Allah sajalah segala sesuatu. Termasuk dalam hal mengharapkan kesehatan. Secanggih apapun ilmu kedokteran, sesakti apapun dukun yang dipercaya bisa menyembuhkan, tapi jika Allah tidak berkehendak sembuh maka penyakit itu tak akan sembuh. Maka hanya kepada Allah sajalah orang-orang beriman berharap.

Dari kisah di atas bisa kita renungkan bahwa penyakit tidak harus sembuh hanya dengan penanganan medis. Ketika kita ikhlas menerima penyakit itu dalam artian berprasangka baik pada Allah, boleh jadi Allah menurunkan penyakit pada kita untuk menguji kesabaran kita, untuk membuat kita kembali dekat kepadanya, boleh jadi Allah merindukan rintih tangis kita memohon kepadanya. Maka ketika kita telah menerima dengan lapang hati, tentu beban itu akan terasa berkurang.

Dan salah satu keajaiban sedekah boleh jadi mendatangkan kesembuhan atas penyakit-penyakit kita. Lihatlah ibu kaya dalam kisah di atas. Ketika dia dengan ikhlas menerima penyakit yang menimpanya, dan dia akhirnya memutuskan menyedekahkan uang yang seharusnya menjadi biaya operasi serta bayaran untuk pendonor ginjal justru untuk diberikan cuma-cuma pada si pendonor. Si ibu kaya tidak mengharapkan sembuh, karena tak ada lagi beban atas penyakitnya. Namun Allah berkehendak lain. Allah menghadiahkan kesembuhan untuknya, boleh jadi berkat ketulusan hatinya dalam bersedekah.

Wallahu'alam

Semoga bermanfaat :)

3 komentar:

  1. Hari baik setiap orang,
    Jual ginjal. Selamatkan hidup dan dapatkan uang, dokter hanadex spesialis untuk pembelian ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar hutang Anda? adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda seharga 600.000 ton dan lebih. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami Untuk informasi lebih lanjut melalui e-mail: hanandexspecialist@gmail.com Atau aplikasinya +2348166843941 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami pasti akan memastikan bahwa kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda menikmati berbisnis dengan kami.

    Email: hanandexspecialist@gmail.com

    Salam

    BalasHapus
  2. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal. Menyelamatkan nyawa dan menghasilkan uang, Am dokter hanadex seorang spesialis
    untuk pembelian ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan hidup?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    $ 600.000 ke atas. Semua donatur yang berminat harus menghubungi tim kami
    informasi melalui e-mail: hanandexspecialist@gmail.com Atau aplikasi apa
    +2349038373723 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami akan
    tentu pastikan bahwa kami bekerja dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda
    senang berbisnis dengan kami.

    apa aplikasi +2349038373723

    Email: hanandexspecialist@gmail.com

    Salam

    BalasHapus
  3. Dear Sir / Madam,

    Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda?
      Apakah Anda mencari Kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena Financial Break Down dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi Kami Hari ini dan kami akan Menawarkan Anda Jumlah yang Baik untuk Ginjal Anda. Namaku Dr.Raymond. Am seorang Phrenologist di Rumah Sakit Spesialis UBTH. Rumah Sakit kami mengkhususkan diri dalam Operasi Ginjal dan kami juga berurusan dengan Pembelian dan Transplantasi ginjal dengan Donor yang sesuai. Kami Terletak di Spanyol, Inggris, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda tertarik untuk Menjual atau Membeli Ginjal, jangan ragu untuk Menghubungi Kami Via email: (drkennethraymond@outlook.com atau Adamfred24@gmail.com) Anda dapat mengirim SMS atau hubungi kami di nomor +2348130183131

    BalasHapus