CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 16 Juni 2017

Project Novel Baru!


Ini adalah novel project terbaruku yang terbit secara digital di WebComics.

Apa sih WebComics? Awalnya merupakan platform penerbitan komik digital atau web comic. Mungkin kalian pernah dengar atau tahu banget dengan Webtoon yang ada di aplikasi LINE? Nah platform yang satu ini sejenis.

Per 7 Juni 2017, WebComics resmi merilis novel digitalnya. Untuk saat ini, WebComics masih bekerja sama dengan aplikasi BBM, belum ada aplikasi tersendiri yang bisa langsung didownload dan install ke ponsel pintar. Tapi dalam waktu dekat ini sepertinya akan terealisasikan.

Balik ke topik. Tentang novelku yang terbit di WebComics. Alhamdulillah ini adalah novel pertamaku yang terbit secara komersial. Ditulis tidak secara cuma-cuma. Kalau biasanya aku menulis dengan dibayar hanya pakai kesenangan menulis atau kebanggaan tersendiri ketika karya tulismu dibaca, sekarang alhamdulillah bisa merasakan dibayar secara materi. Tidak besar, tapi ketika hobi bisa menghasilkan rasanya ada kebanggaan tersendiri.

Ketika pertama kali dapat penawaran dari Neo Bazar, penerbit WebComics, aku langsung ambil keputusan untuk join. Tidak ada kecurigaan sama sekali meskipun bisa saja penawaran tersebut adalah penipuan. Ya, salah satu temanku, Dian, bercerita kalau teman penanya mengabaikan penawaran serupa karena dianggapnya penipuan. Entahlah, aku nggak sampai berpikir seperti itu. Tapi sebelum terlalu senang pun aku harus memastikan bahwa perusahaan penerbitan karya digital ini nyata, benar-benar ada. Jujur saja nama WebComics atau Neo Bazar itu belum pernah kudengar sebelumnya. Setelah aku cek dan yakin bahwa penawaran ini bukan modus penipuan, barulah aku pede mengajukan naskah.

Prosesnya terbilang cepat dibandingkan mengajukan naskah ke penerbit novel cetak. Biasanya bisa berbulan-bulan, paling cepat 3 bulan. Tapi dengan WebComics, kira-kira hanya 1 bulan setelah aku kirim naskah by email, langsung dapat kabar bahwa naskahku diterima. Senangnya luar biasa. Alhamdulillah.

Pemilihan cerita ini sebelumnya aku diskusikan dengan beberapa teman pena dan teman pembaca setiaku. Karena aku punya beberapa tema cerita yang ingin kuajukan. Setelah polling, rata-rata mereka cenderung memilih tema cerita ini. Dinilai dari banyak pertimbangan: ide cerita, genre, dan selera pasar. Kalau mereka yang pilih, insya Allah saya percaya dengan selera mereka deh... Hehee!

Dan cerita ini sebenarnya adalah cerita yang kutulis ulang dari fanfiksi "Oujosama!". Cerita itu sudah lama saya hapus dari FFN. Dulu memang sempat ada niat membuatnya ulang dengan memakai tokoh-tokoh original dan pakai setting Indonesia. Rencana publish di self publishing, mengikuti novelku yang sudah go publish dengan self publishing duluan. Tapi belakangan aku kecewa dengan perusahaan self publishing itu, karena satu dan yang lain hal. Tapi yang paling membuatku kesal adalah servis ke pembeli buku benar-benar buruk. Itu bikin aku kapok. Niat mau cancel terbit, mau kutarik lagi naskahnya, malah ketemu masalah baru: nggak bisa login ke webnya. Rese! Sudah ngadu ke admin web, nggak dapat respon juga. Sudahlah! Aku lelah.

Nah tuh ceritanya jadi ngalor-ngidul ke mana-mana.

Balik (lagi) ke topik. Jadi, bagaimana caranya membaca novel terbaruku?

Pertama-tama pastikan kalian sudah menginstal aplikasi BBM versi paling baru di ponsel pintar kalian. Seperti yang sudah kujelaskan di awal, untuk saat ini WebComics hanya bisa dibaca via BBM, aplikasi tersendiri akan menyusul dirilis oleh platformnya. Kapan? Kita sama-sama tunggu saja kabar baik itu =)

Nah, kalau BBM sudah terinstal di ponsel pintar kalian, WebComics bisa kalian temukan di tab Discovery yang letaknya di atas. Pilih WebComics, lalu pilih menu Novel. "Nona Muda & 7 Pengawal" serialnya terbit setiap hari Senin, maka kalian bisa menemukannya di tab Senin. Mudah, kan?

Jangan lupa untuk klik tanda bintang di sampul depan novel kalau kalian suka ceritanya. Dan aku akan lebih senang lagi kalau kalian share novelku ke teman-teman kalian =D

Selamat membaca!

============================================
INFO TERBARU!!

Sekarang WebComics sudah bisa diakses via web! Asyik kan?? Hehehee...
Jadi, buat kamu yang bukan pengguna BBM dan kepingin baca komik dan novel di WebComics bisa langsung meluncur ke webnya.

Nah, buat baca novelku, klik di sini
Jangan lupa like dan share ya :**

19 komentar:

  1. Halo Hanaruppi-san. Saya juga salah satu penulis yang ditawari oleh pihak editor Neobazar dan cukup bersyukur karyanya diterima. :D
    Padahal saya pikir karya saya biasa-biasa saja. :|
    Saya juga penulis di Ffn sama seperti kamu. Salam kenal! 8)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Berlian :)
      Makasih ya udah mampir ke blog nggak jelas ini xD

      Senangnya ketemu teman seperjuangan. Udah gitu asal muasal kita sama, FFN :D
      Kamu nulis di fandom FFN apa? Jangan2 sama juga, Naruto? hihiiii

      Novel kamu di Webcomics judulnya apa btw?

      Hapus
  2. Balasan
    1. Hai, Sasepu :)

      Dirimu tertarik buat publish novel di Webcomics?
      Daftar aja langsung di aplikasinya. Di sana ada menu untuk pengajuan author baru kok

      Selamat mencoba ya. Good luck ;D

      Hapus
  3. Jadi karya dikirim lewat email terlebih dahulu dalam bentuk docx. atau bagaimana ya? Aku sebenernya mau join, tapi masih bingung sama hal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Haruki :)

      Pertama, kamu harus daftar dulu untuk author baru di aplikasinya, isi biodata singkat dsb.
      Nanti akan direspon sama mereka. Kayaknya setelah itu kamu akan diminta kirim sinopsis novel kamu via email.

      Selamat mencoba, semoga berhasil ya =D

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Halo kak. Well, aku dapat info tentang neobazar itu dari temen di wattpad yang ditawari dan dia masih pikir2. Terus aku penasaran dan mencari tau sampai akhirnya bisa tiba di sini. Pertanyaanku, apa pembaca di sana cukup banyak? Apalagi banyak aplikasi baca yang bisa dibilang lebih praktis ketimbang harus instal bbm dulu. Gimana kak? Kalau berkenan tolong jawab ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Lili :)

      Kamu benar soal ketidakpraktisan itu, apalagi buat mereka yang memang bukan pengguna BBM. Tapi nanti Neobazar (Webcomics) bakal menyediakan web juga. Jadi nggak perlu lagi install BMM kalau memang kamu bukan pengguna. Tapi kapannya sih saya juga belum tahu, ditunggu aja semoga secepatnya :D

      Nah, soal pembaca. Menurut saya sih cukup banyak juga ya. Tapi kalau dibandingkan dengan web novel online lain seperti Wattpad, kayaknya masih kalah. Kalau lihat statistik like per novel, ada yang dapat like sampai ribuan. Itu artinya pembacanya banyak juga kan? Karena 1 akun BBM hanya bisa kasih 1 like per novel. Jadi bisa dibilang banyak lah ya...

      Jadi, gimana dengan temanmu?
      Apakah dia ragu karena takut pembaca di Webcomics belum banyak?
      Kalau saran saya sih, dicoba dulu aja. Kalaupun sekarang pembacanya belum banyak, toh itu proses. Cepat atau lambat statistik pembaca insya Allah nambah. Lagi pula banyak atau nggaknya pembaca, kalau memang cerita itu bagus bakal banyak yang baca dan nge-like. Jadi nggak ada ruginya juga buat dicoba :)

      Semoga penjelasan saya cukup membantu ya..

      Terima kasih, Lili, udah mampir.
      Salam buat temanmu ;)

      Hapus
  6. Hallo kak, saya juga dapat tawaran serupa dari pihak neobazar melalui akun wattpad saya. Ituuu gimana ya, saya antara senang dan bingung menanggapinya, tapi setelah baca blog kakak alhamdulillah saya dapat pencerahan.. jadi itu bukan modus penipuan kan? Maklum saya masih newbie dalam hal seperti ini jadi masih hati".. :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Ellen :)

      Sebelumnya, saya ucapin selamat buat kamu ditawarkan bergabung di Webcomics, itu artinya tulisan kamu punya potensi utk dijual secara komersil :D

      Nah soal benar nggaknya Webcomics itu udah saya jelaskan di atas ya, mereka real kok. Buat lebih meyakinkan kamu, coba aja dulu cek Webcomics di Discovery BBM ��

      Hapus
  7. Maaf kak, saya masih belum ngerti gimana caranya. Apa naskah yang dikirim harus udah selesai, terus nanti pihak webcomics yang update setiap chapternya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Nella! :)

      Sebelumnya kamu sudah mendaftarkan diri via Webcomics di BBM belum? Di situ ada formnya, nanti tinggal ikuti aja instruksinya.

      Saya kasih gambaran sedikit. Kamu tidak perlu kirim semua naskah sampai tamat, cukup 5 chapter pertama. Yang harus kamu buat sampai tamat itu sinopsisnya, intisari cerita dari awal sampai akhir. Trus siapkan juga sinopsis per chapter (5 chapter awal yang kamu kirim), dan poin per poin dari cerita kamu.

      Kalau kamu sudah bergabung, kamu diwajibkan mengirimkan 5 chapter per bulan (nanti kamu tentukan tanggal deadline-nya). Dan yang meng-upload per pekannya adalah pihak Webcomics, jadi bukan kamu yang sibuk. Kamu tinggal duduk manis aja di depan laptop, fokus ngerjain 5 chapter berikutnya dan berikutnya :D

      Hapus
  8. Hai, Hanaruppi-san. Saya kemarin juga ditawari oleh Neo Bazar. Saya mengirim naskah saya dan naskah saya diterima. Novel saya terbit di WebNovel tangal 20 November yang berjudul "Third" by Idatan setiap hari senin ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Idah! :)

      Selamat bergabung di Webcomics!
      Kita berada di kolom hari yang sama.. hihi...
      Semangat buat kamu ya ;)

      Hapus
  9. Halooo, wah makasih banget infonya kak, saya juga dapat penawaran dari pihak webcomics ini dan tidak tahu apa2 sebelumnya, setelah baca blog kakak akhirnya dapat pencerahan hehe. Oh ya kak mau tanya, apa novel yg diterbitkan di webcomics ada kemungkinan terbit secara cetak? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga, Berliana :)

      Sama-sama ya, senang kalo tulisan ini bermanfaat buat kamu dan pembaca lainnya hehe..

      Mengenai kemungkinan terbit versi certak, utk Webcomics sendiri hanya menyediakan novel versi digital (nggak tau ya kalo ke depannya mereka juga merambah novel cetak). Tapi seandainya ada penerbit lain yang tertarik utk menerbitkan novel kamu ke versi cetak, pihak Webcomics sendiri membolehkan, karena mereka hanya memegang hak cipta versi novel digital. Tapi setidaknya kamu menginfokan mereka kalau memang novelmu mau diterbitkan ke versi cetak.

      Semoga penjelasannya nggak bikin kamu bingung ya :D

      Hapus
  10. Apakah ini sama dengan WebComic Challenge? Waktu itu saya pernah ditawari untuk ikut, tetapi karena saya saat itu berada di tingakt akhir sehingga saya tidak mengambil tawarannya.

    BalasHapus
  11. Saya dapet pesan ditawarin jadi novelis resmi webcomics dari neobazar gitu di Wattpad, tapi saya masih belum ngerti betul maksudnya "novelis resmi" kayak gimana. Mohon bantuannya ><

    BalasHapus