CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 27 Januari 2015

Tantangan

Kupikir kali ini bakal jadi awal yang bagus untuk menantang diri sendiri soal tulis-menulis. Seperti tahun lalu, aku memberanikan diri ikutan kompetisi menulis dari nulisbuku.com dalam #ProyekMenulis.

Ya, aku pernah ikut sebelumnya. Tepatnya tahun lalu, sekitar awal tahun juga. Lomba menulis novel. Sayangnya aku gagal menyelesaikan tulisanku. Banyak faktor sih penyebabnya. Tapi yang jelas, penyebab utama tentu saja masalah kedisiplinan. Kusadari aku belum bisa mendisiplinkan diriku sendiri dalam menjadwal tulisan. Dengan alasan kesibukan kerja, kelelahan, hilang mood, ditambah masalah-masalah lain (yang kebanyakan tidak penting), membuatku mudah sekali kehilangan semangat. Kalau motivasi, yang kupunya cukup besar, dan amat besar kurasa. Sayangnya itu tadi, aku belum bisa berlaku disiplin pada diri sendiri. Payah! Inilah hasilnya. Tulisanku tidak selesai, dan deadline satu bulan tentu tidak bisa dijadikan alasan tambahan.

Nah, tahun ini kompetisi serupa diadakan lagi. Aku excited sekali mengetahui itu. Dan langsung saja kuputuskan untuk ikut. Anggaplah ini kesempatan ke dua. Aku bodoh jika melewatkannya.

Kali ini aku juga tak mau meremehkannya meskipun kategorinya tidak seberat tahun lalu. Tulisan yang dilombakan adalah cerpen, bukan novel. Well, logikanya itu bisa jadi lebih mudah. Tapi tidak bisa dibilang mudah juga. Bagiku yang lebih banyak menulis cerita panjang (fanfic multichapters), belum tentu bisa menulis cerita pendek. Masalah alur. Jika biasanya memakai alur lambat di cerita bersambung, maka dalam cerpen tentu kita dituntut untuk bisa menyelesaikan kisah dalam alur cepat. Itu bukan hal yang gampang juga jadinya. Tapi inilah tantangan untukku.

Bukan untuk membuktikan pada siapapun. Tapi tantangan ini justru untuk membuktikan pada diriku sendiri. Tidak peduli bagaimana nanti hasilnya. Menang atau kalah, lolos atau tidak, bukan itu tujuanku.

Hanya satu: selesai atau tidak.

Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar